Pengaruh Masa Kecil Hitler terhadap Jerman

Standar

jermanPENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Hitler adalah tokoh kontroversial sepanjang abad 20 ini. Dialah yang memicu timbulnya perang Dunia II. Perang terbesar yang menimbulkan banyak korban dari 28 negara yang ada di dunia. Kontroversial Hitler tidak saja karena pemicu perang dunia II. Tapi dia memiliki sifat-sifat yang unik dan tidak diduga-duga sebagai seorang pemimpin Jerman. Seperti sifatnya yang sangat membenci Yahudi, kebenciannya dengan yahudi membuat ia berani membunuh kurang lebih enam juta Yahudi tewas. Namun, dia juga orang yang sensitive, diketahui dia sering melukis tokoh-tokoh Disney, bahkan dia pernah melukis snow white. selain itu, dia sangat mencintai ibunya, bahkan, sampai ia tewas, ia masih menyimpan foto ibunya dalam sakunya.
Tidak dapat dipungkiri Jerman adalah negara yang besar. Namun, tahukah bahwa sebelum Hitler menjadi kanselir di Jerman, dia adalah gelandangan di Austria. Sebelum memasuki Jerman, hidup Hitler tidaklah bahagia. Walau dia dilahirkan di lingkungan keluarga berkecukupan, tapi Hitler selalu mendapat tekanan dari Ayahnya. Alois ayah Hitler adalah orang yang kejam dan keras, dengan sifat itulah dia mendidik calon penguasa Jerman. Di sekolah Hitler pun bukan anak pintar. Ia hanya anak yang pandai dalam hal menggambar dan rajin dalam membaca dan menulis. Saat ia memasuki masa kuliah, dua kali ia gagal masuk Akademi seni di Wina. Di sinilah ia berbohong dan menghabiskan uang ibunya. Setelah itu, ia menjadi gelandangan karena uang warisan ibunya telah habis. Beginilah kehidupan Hitler sebelum menjadi pemimpin Jerman.
Paling menarik adalah kecintaannya terhadap Jerman. Dengan modal itulah ia menaklukkan Jerman. Kecintaannya terhadap Jerman membuat ia chauvinism, terlalu mencintai negara sendiri dan merendahkan negara lain. Dan lebih anehnya lagi Hitler aslinya adalah warga Austria. Setelah ia menjadi pemimpin Jerman, ia malah menyerang negaranya sendiri.
Sebagai tokoh yang kontroversial, Hitler tidak hanya kontroversial sebagai pemimpin Jerman. Kematiannyapun sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Menurut fakta yang diketahui, Hitler memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri bersama dengan istrinya, Eva braun. Dan dia menyuruh abdi setianya untuk membakar mayat dirinya dan istrinya agar mayatnya tidak menjadi bahan tertawaan musuh-musuhnya. Oleh karena keunikan dan kehebohan yang ditunnjukkan Hitler inilah akhirnya penulis mengangkat tema Hitler ini dengan  judul Pengaruh Masa Kecil Hitler terhadap Jerman.
1.2    Rumusan Makalah
Adapun Rumusan Masalah yang diangkat dalam makalah ini adalah :
•    Bagaimana masa Kecil Hitler ?
•    Bagaimana perjalanan Hitler sampai bisa menjadi pemimpin Jerman, pelopor perang dunia II sampai ia mengakhiri hidupnya ?
•    Bagaimana pengaruh masa kecil Hitler terhadap Jerman ?

1.3    Tujuan Penulisan Makalah
Adapaun tujuan dari dibuatnya makalah ini adalah :
•    Mengetahui masa kecil Hitler
•    Mengetahui perjalanan hidup Hitler sampai ia mampu menjadi pemimpin Jerman, pelopor perang dunia II sampai ia mengakhiri hidupnya
•    Mengerti pengaruh masa kecil Hitler terhadap Jerman

PEMBAHASAN
2.1    Masa kecil Hitler
Tidak dapat dipungkiri bahwa Hitler adalah sosok yang akan terus dikenang. Meski dikenang dalam hal buruk. Namanya akan selalu ada dalam buku-buku sejarah yang ada di dunia ini. Itulah yang membuat Michael Heart dan P.K ojong sebagai sejarawan dan penulis tetap menulis nama Hitler dalam buku-bukunya, meskipun menuliskannya dengan rasa muak dan jijik. Dia tetaplahlah punya andil besar dalam menorehkan sejarah di Jerman dan tidak dapat dipungkiri bahwa dialah  yang menimbulkan Perang terbesar yang pernah ada di dunia ini. Perang yang menelan banyak korban jiwa dari 28 negara yang ada di dunia.

•    Asal- usul Hitler
Hitler adalah warga Austria yang dilahirkan di Brunau in amm, perbatasan Jerman-Austria pada 20 April 1889 di penginapan Gasthof Zum Pommer. Adolf  adalah anak ke tiga dari perkawinan ayahnya yang ketiga pula. Saudara Adolf  yang lain ada lima. Namun, kebanyakan dari mereka meninggal di saat muda. Yang bertahan hidup hanyalah Paula, adik Hitler. Namun, Paula jarang diceritakan dalam kehidupan kakaknya yang menggemparkan dunia. Jadi, sepertinya Hitler tidak dekat dengan satu-satunya saudara yang ia punya.
Ayah Hitler adalah seorang pegawai di Kantor bea cukai Jerman. Profesinya ayahnya itu memungkinkan Hitler dan keluarganya hidup dalam kecukupan. Namun, profesi itulah yang membuat Hitler tertekan karena ayahnya nanti akan memaksa Hitler untuk menjadi pegawai pemerintahan sepertinya. Padahal Hitler lebih memilih menjadi seniman.
Ibu Hitler, Klara adalah ibu rumah tangga yang menyayangi anaknya. Terkadang, ayah Hitler sering memarahi ibunya karena terlalu memanjakan anak-anaknya. Dan sepertinya, ibu Hitler adalah orang lembut yang patuh dan tunduk terhadap suaminya. Dan kelak, ia akan memilih istri yang lembut dan loyal seperti ibunya.
Wilayah tempat Hitler tumbuh, walau berada di Austria tapi kebanyakan dari mereka menginginkan kewarganegaraan ganda Jerman-Austria. Walaupun mereka di bawah Kerajaan Hapsburg Austria dan kerajaan yang multikultural, mereka menyatakan kesetiaannya pada Istana Hohenzollern, Kerajaan Jerman dan Kaisarnya.

•    Hitler adalah orang Yahudi ?.
Ayah Hitler adalah Alois Schiklgruber dan ibunya adalah Klara Polzl. Lalu, dari manakah asal nama Hitler jika nama kedua orang tuanya tidak bernama Hitler? Hal ini dapat ditelusuri melalui ayah Hitler, Alois. Alois schiklgluber adalah anak yang dilahirkan diluar pernikahan. Dan tentang siapa kakek dari Hitler, belum diketahui sampai sekarang.
Ketika ayah Hitler berusia lima tahun, ibunya, Marianne menikah dengan J.George Hidler. Dari sinilah nama Hitler itu muncul. Oleh karena George Hitler adalah seorang pemalas, alois dititipkan ke adiknya, J. Nepomuk Hitler. Dialah yang mengasuh Ayah Hitler. Sejak saat itulah alois mengganti namanya dari schiklgruber menjadi Hitler. Dan akhirnya ayah Hitler menikah dengan cucu dari perempuan yang telah mengasuhnya, Klara Polzl.
Perlu diketahui bahwa Marianne dulunya adalah pembantu rumah tangga.Ia bekerja pada keluarga Frankenberger. Marianne diketahui hamil setelah pulang kampung. Keluarga tersebut mempunyai anak laki-laki berusia 19 tahun. Sehingga, terdapat rumor bahwa anak laki-laki tersebutlah yang menghamili Marianne. Ini akan menjadi konsekuensi yang sangat hebat karena keluarga tersebut adalah orang Yahudi. Seorang yang begitu membenci Yahudi, membunuh 6000 Yahudi dan berhasrat memusnahkan yahudi di dunia ternyata adalah keturunan Yahudi. Namun spekulasi tersebut tidak memiliki bukti yang dapat dijadikan pegangan (Ojong 2003: 39).

•    Kecintaan Terhadap Perang
Dari kecil Hitler memang telah menyukai perang. Dari kecil dia adalah orang yang keras kepala dan mau menang sendiri, dan sifat inilah yang dia bawa sampai alam baka nantinya. Pambudi menjelaskan seringkali ia (Hitler) meradang marah pada siapapun yang tidak sependapat dengan dia. Sampai dia mati pada tahun 1945, sifat yang keras kepala tidak mau menerima pendapat orang itu masih ada, bahkan semakin mengental (Pambudi 2006:21).
Hitler dan teman-temannya sering main perang-perangan dan menimbulkan kebakaran di Hutan. Dan saat itulah kepandaiannya dalam mengancam dan memaksa tampak .Dia mengancam teman-temannya untuk bungkam agar tidak disalahkan. Jadi, sejak kecil Hitler telah menjadi orang yang pandai mengancam dan berdalih.
Sejak kecil Hitler adalah orang yang keras kepala. Ini disebabkan ayahnya yang mendidiknya dengan keras.Walau Hitler membenci ayahnya, tetapi sifat ayahnya telah mendominasi Hitler. Kecuali sifat tidak setia dan suka menikah. Karena dalam hal cinta, Hitler adalah orang yang setia dan menghargai cintanya.

•    Hitler semasa sekolah
Sebenarnya tidak ada yang bilang bahwa Hitler adalah orang yang bodoh, hanya saja karena sifat Hitler yang tidak suka diatur dan dipaksa, ia menjadi malas dan nilai-nilai sekolahnya buruk, kecuali dalam hal melukis. Dia pandai melukis. Hitler pandai menggambar, kebiasaan Hitler adalah menggambar tokoh Disney. Selain itu, dia juga pernah menggambar Pinichio, Mickey Mouse dan Snow White. Selain menggambar, Hitler juga hobi membaca. Apalagi buku yang berkaitan dengan perang. Dia akan melahap habis buku tersebut. Salah satu buku favoritnya adalah majalah bergambar yang terbit pada waktu pecah perang antara Jerman dan prancis (1870) yang telah dijilid menjadi dua buku (Pambudi, 2006: 22). Oleh karena kemahirannya dalam hal menggambar, ibunya menyuruhnya menjadi pelukis.
Saat keluarga Hitler pindah di lambach, Hitler berada di sekolah Gereja Lambach. Dia bersekolah di Benedictine katholik kuno . Dan disanalah ia mendapati lambang swastika. Lambang itu ia lihat tiap hari. Dan lambang itulah  yang kelak akan ia jadikan sebagai lambang dari partai nazi.

•    Kubizek satu-satunya sahabat Hitler
Hitler adalah tokoh yang pendiam dan pemalu dari kecil. Ia tidak mempunyai banyak teman dalam hidupnya sebelum ia menjadi pemimpin Jerman yang bisa ia ceritakan kepada orang banyak. Satu-satunya sahabat yang pernah dimiliki Hitler adalah Kubizek.
Saat Hitler mencoba menjadi pelukis,ia ke Wina untuk mendaftar sebagai mahasiswa seni lukis. Namun ditolak. Bukannya kembali ke rumah, dia malah tetap berada di Wina dan menghabiskan waktunya untuk menonton film dan menghabiskan uang ibunya selagi orang-orang di desanya berfikir dia sedang kuliah.
Tahun 1907 adalah tahun dimana ia kehilangan ibunya. Orang yang sangat disayanginya itu meninggal dan sepertinya tidak ada alasan lagi untuk Hitler berada di desanya tersebut karena ayah Hitler juga telah meninggal. Ia kembali ke wina dengan mengajak satu-satunya sahabat yang ia miliki, Kubizek. Kubizek adalah teman Hitler yang menekuni bidang musik. Ia mengajak kubizek untuk menginap di flat tempat Hitler tinggal. Kubizek bukanlah orang yang cocok dengan Hitler sebenarnya. Kubizek mampu menjadi sahabat Hitler karena dialah satu-satunya yang sanggup mendengarkan monolog sang diktator tersebut selama berjam,-jam.
Hitler mempunyai mata yang tajam. Ketajaman matanya ini juga disadari oleh ibu Kubizek. Ia berkata kepada anaknya bahwa temannya (Hitler) mempunyai sorot mata yang tajam dan berdaya hipnotis. Sehingga tidak menherankan dia bisa membuat jutaan orang Jerman terpana kepadanya begitu mereka melihat bola mata sang Fuehrer.

•    Impian dan kemurkaan Hitler
Sejak kecil ingin menjadi seniman. Ia mendaftarkan diri di Akademi Kesenian. Dan seperti yang saya utarakan tadi, dia ditolak. Dia mencoba lagi di tahun berikutnya. Namun, calon pemimpin Jerman tersebut ditolak lagi. Hitler frustasi dan murka akan hal tersebut. Ia berfoya-foya dan menghabiskan uang ibunya.
Uang warisan ibunya tersebut perlahan habis. Padahal warisan yang ditinggalkan ibunya tersebut tidaklah sedikit. Ini dikarenakan gaya hidup Hitler yang boros. Ia tidak bekerja. Ia selalu berpindah-pindah rumah sampai akhirnya ia menjadi gelandangan. Dan saat menjadi gelandangan inilah, ia murka atas hidupnya. Bukannya ia menyadari atas kesalahannya, ia malah menyalahkan orang lain atas apa yang dialaminya tersebut.

•    Gelandangan dan dikejar-kejar
Sejak uang dari ibunya itu habis. Hitler menjadi orang yang menderita. Ia harus berganti-ganti rumah dan berganti-ganti pekerjaan hanya untuk menyambung hidupnya. Dia menyantap sop yang disedekahkan oleh gereja. Ia bekerja sebagai tukang bersih-bersih, kondektur dan pelukis postcard. Dia melakukan banyak pekerjaan hanya untuk menyambung hidup.
Saat-saat inilah mulai muncul dendam dalam hatinya terhadap orang-orang yahudi. Ia menganggap kesengsaraan yang dialaminya disebabkan oleh orang yahudi yang telah menguasai perekonomian Austria. Sepanjang yang pernah dialami, saat itulah terjadi perubahan terbesar dalam hidupku. Karena saya menjadi warga dunia yang rendah, maka saya menjadi antisemitis yang fanatik (Hitler dalam Mein kampf). Kebencian dan kesengsaraan ini telah menghuni pribadi yang keras dan tidak mau menerima pendapat orang lain. Dendam ini yang membuat setidaknya enam juta warga yahudi yang tidak berdosa meninggal dalam kamp-kamp konsentrasi. Dan dendam inilah juga yang membuat ia kehilangan ilmuwan terbesar abad 20. Karena Albert Einstein adalah orang yahudi yang melarikan diri dari Jerman, banyak warga yahudi yang ketakutan dan meninggalkan Jerman karena kekejaman dari Hitler, termasuk Einstein.

2.2 Pengaruh masa kecil Hitler di Jerman
Tidak dapat dipungkiri bahwa masa kecil Hitler berpengaruh besar terhadap apa yang akan dialami jerman paska perang Dunia I. Mulai dari masuknya Hitler ke Jerman sampai pada menyerahnya Jerman kepada sekutu yang menandai berakhirnya Perang dunia II.

•    Melarikan diri ke Jerman
Dari kecil Hitler adalah orang yang cinta akan negara tetangga, Jerman. Ia lebih bangga menyanyikan lagu kebangsaan Jerman daripada lagu kebangsaan Austria. Seperti juga warga perbatasan lainnya, lebih senang menganggap dirinya warga Jerman-Austria. Penyakit yang memang tengah melanda warga-warga Austria di wilayah perbatasan.
Hitler sempat dikejar-kejar oleh polisi Austria karena melarikan diri saat wajib militer.Untungnya, saat tes kesehatan dia tidak lolos. Karena ceritanya pasti akan berbeda jika ia menjadi tentara Austria. Ia tidak akan masuk ke dalam negara yang tengah berada dalam kekecewaan besar, tidak akan menghabisi jutaan warga yahudi dan mungkin saja Perang dunia II tidak akan terjadi.
Setelah Hitler lolos dalam jeratan polisi Austria, ia meninggalkan negaranya dan tinggal dan menetap di Munich yang saat itu tengah dimulainya PD I. Hal aneh terjadi, di negaranya sendiri ia menolak menjadi tentara. Namun, di Jerman ia dengan sendirinya mendaftarkan diri menjadi tentara dengan sukarela. Bahkan, dia sampai mendapat medali Iron Cross atas jasanya.

•    Kecintaan terhadap Jerman
Kalau di Austria Hitler bukanlah apa-apa. Bahkan menjadi manusia yang tidak berguna, sampah masyarakat dan terbuang. Di Jerman, ia menjadi orang yang berguna. Bahkan berpangkat kopral. Kecintaannya terhadap Jerman membuat ia bangkit menjadi manusia yang berguna dan bukan lagi sampah masyarakat.
Kecintaan Hitler terhadap terhadap Jerman bisa kita lihat pada akhir Perang Dunia I, ia sempat terkena vonis dokter menjadi penderita buta. Namun, karena ia terus menerus menagis karena Jerman kalah perang, akhirnya ia bisa melihat kembali. Hitler kecewa terhadap Republik Weimar. Republik Weimar adalah nama Jerman setelah Perang Dunia I. Jerman dijadikan negara boneka oleh para sekutu. Itulah yang membuat Hitler mencap pemerintah Jerman yang menandatangani perjanjian Versailles sebagai pengkhianat. Bahkan, setelah PD I usai, ia melepaskan kewarganegaraan Austria dan menjadi warga negara Jerman.
Kekecewaannya begitu berat terhadap republik Weimar. Kekacauan ekonomi, inflasi besar dan pemogokan buruh menyebabkan Jerman hancur. Disitulah, Hitler menerima kekecewaan yang begitu dalam. Setelah kekecewaannya terhadap ayahnya, sekolah dan kehidupannya. Sekarang ia mendapat kekecewaan dalam atas kekalahan negara yang ia cintai. Seseorang dengan sifat seperti Hitler menderita kekecewaan besar.
Hitler menunjukkan keloyalannya untuk membela Jerman. Ia masuk dalam militer dan politik. Ia bekerja sebagai pengawas politik. Namun, karena ia lebih memihak ke partai buruh, ia dikeluarkan. Karena tidak sepantasnya seorang pengawas politik tidak netral. Namun Hitler tidaklah kecewa. Karena disinilah ia menemukan apa yang ia inginkan. Hitler pandai berbicara, ia ingin menjadi seorang orator. Akhirnya Hitler masuk dalam partai buruh, yang merupakan cikal bakal dari Nazi.

•    Orasi dan dicintai
Dari kecil Hitler adalah anak yang pandai berorasi. Ia mempunyai mata yang tajam. Ia mampu membuat orang-orang yang menatapnya terhipnotis untuk mengikutinya. Itulah yang membuat Hitler kian mempunyai posisi penting dalam partai Nazi. Karena situasi Jerman yang kacau tersebut, Hitler menganggap tidak ada jalan lain kecualli melalui kediktatoran. Pambudi berkata Mereka (Hitler dkk) menyandera kepala pemerintahan kepala pemerintahan polisi Bavaria, Gustav Von kahr, dan mendeklarasikan susunan pemerintahan nasional yang baru. Kejadian itu dikenal dengan the munich beer hall putsch (2006 :32).
Kejadian di atas menjadikan Hitler ditangkap dan diadili. Tapi pengadilan tersebut malah menjadikan Hitler bak artis. Dia berorasi dan berdalih bahwa semua itu diperuntukkan Jerman.Para pejabat yang menandatangani perjanjian Versailles adalah orang terkutuk, karena menyebabkan penderitaan bagi Jerman. Kekuatan magnetis matanya, dan kepandaiannya berorasi, berhasil menghipnotis massa yang hadir dalam ruangan (Pambudi 2006: 32). Sehingga, saat ia diadili, bukanlah untuk memberi hukuman terhadap Hitler, namun malah menjadikan Hitler menjadi artis yang dipuja dan dipuji banyak orang.
Sejak saat itulah Hitler menjadi tokoh ynag dicintai banyak rakyat. Walau dipenjara, ia tetap mendapatkan perhatian dari rakyat yang mendukungnya. Dalam penjara ia tidak merasa menderita. Pambudi berkata kunjungan rutin para pendukung partai Nazi menyebabkan Hitler dapat menikmati kenyamanan di balik terali besi, tidak kekurangan makanan, dan tidak haus akan percakapan politik (2006 :32-33). Dan di dalam penjara itulah ia menulis Mein Kamf.

•    Terbebas dan diktator
Walau hakim menghukumnya selama lima tahun, ternyata ia hanya mengincipi sel penjara Sembilan bulan. Ia keluar dari penjara dan memulai usaha menguasai jerman. Ia menyusun kembali barisan Nazi dan mendirikan SS. Dengan kelihaiannya dalam menghipnotis orang, ia mampu membuat partai Nazi yang semula dianggap sebelah mata oleh partai lain menjadi partai no.1 di Jerman. Disebabkan rakyat sudah mulai tidak percaya dengan partai-partai besar yang telah ada. Sedangkan Nazi membawa angin sejuk ditengah-tengah padang pasir manusia yang sedang haus akan perubahan.
Hitler mempunyai semboyan yang kerap kali ditulis di buku-buku tentangnya. Bagi perjuangan kita hanya ada dua jalan, musuh yang melewati bangkai kita atau sebaliknya. Kata-katanya tersebut menunjukkan bagaimana ia akan memperjuangkan jerman. Ia mulai menyingkirkan musuh-musuhnya sampai ia menjadi kanselir denngan kekuasaan mutlak.
The Third Reich, itu adalah nama yang digunakan Hitler untuk menamakan kekuasannya. Kekuasaan itu digadang-gadang akanmencapai seribu tahun. Rakyat meneriakkan slogan-slogan tird reich dan menyanjung sang Fuehrer. Pemimpin yang akan membawa mereka keluar dari kesengsaraan dan membawa jerman menjadi bangsa yang disegani di dunia.

•    Kebencian terhadap yahudi
Kenangan masa kecilnya terhadap yahudi tidaklah indah. Ia mendapati kekecewaan terbesar dalam hidupnya saat ia menjadi gelandangan, dan ia menyalahkan yahudi dalam hali ini. Setelah ia berhasil menguasai Jerman. Ia mulai balas dendam atas apa yang dialaminya itu, ia mulai penganiayaan terhadap yahudi.Ia menjadikan yahudi seolah-seolah adalah sampah busuk yang harus disingkirkan dari muka bumi. Hitler berkata “Akan saya musnahkan seluruh yahudi yang ada di dunia ini. Akan saya sisakan sebagian dari mereka, agar kalian mengetahui alasan saya membunuh mereka”.
Hitler membasmi ras-ras rendah dan berusaha memurnikan ras arya.Dan hal paling buruk adalah dia membolehkan orang yang dianggap punya ras murni untuk berhubungan tanpa ikatan pernikahan dengan dalih untuk mengembangkan ras Arya. Dia membatasi  ruang gerak yahudi. Melarang yahudi untuk menjadai pegawai pemerintahan, masuk universitas, kewarganegaraan dicabut, disulitkan dalam bekerja dan yahudi dilarang memiliki mobil.
Di masa pemerintahannya, Nazi membangun kampkamp pengasingan besar, dilengkapi dengan kamar gas. Di tiap daerah yang menjadi wilayah kekuasaannya, orang-orang tak bersalah, lelaki dan perempuan serta anak-anak digiring dan dijebloskan ke dalam gerbong ternak untuk selanjutnya dicabut nyawanya di kamar-kamar gas. Dalam jangka waktu hanya beberapa tahun saja sekitar 6.000.000 Yahudi dipulangkan ke alam baka.
Pembunuhan ini dilakukan secara spontan, atau dalam keadaan panas dan sengitnya peperangan. Melainkan Hitler membangun kamp maut itu dengan organisasi yang rapi dan cermat seakan-akan dia merancang sebuah perusahaan bisnis besar. Data-data tersusun, jumlah ditetapkan, dan mayat-mayat secara sistematis dipreteli anggota-anggota badannya yang berharga seperti gigi emas dan cincin kawin. Juga banyak dari jenazah-jenazah itu dimanfaatkan untuk pabrik sabun. Begitu telitinya rencana pembunuhan oleh Hitler hingga bahkan di akhir-akhir perang akan selesai, tatkala Jerman kekurangan bahan-bahan buat penggunaan baik sipil maupun militer, gerbong ternak masih terus menggelinding menuju kamp-kamp pembunuhan dalam rangka missi teror non-militer.

•    Perang dimulai
Dari kecil Hitler telah menyukai perang. Ia sering bermain perang-perangan. Ia menyukai majalah yang menggambarkan perang Jerman-Prancis (1870). Ditambah dia adalah seorang dengan sifat yang tidak mau kalah, senang memaksa dan piawai dalam mengancam. Sehingga, saat ia berkuasa, ia bebas untuk melakukan segala hal yang diinginkannya.
Ambisi Hitler adalah menguasai dunia.Ia berharap Jerman menjadi penguasa dunia karena hanya bangsa jermanlah yang memiliki ras murni dan baik. Selain itu, ia ingin membalas dendam atas kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I. ia mulai membangun kekuatan militer. Ia memproduksi tank dan senjata dalam jumlah besar, membangun kapal-kapal perang, dan berkat kerja Hermann Goering yang luar biasa, Jerman berhasil membangun angkatan udara (Luftwaffe) menjadi kekuatan yang disegani oleh Eropa (Pambudi, 2006: 49).
Negara-negara besar saat itu sedang dipimpin oleh pemimpin yang lemah. Sehingga memuluskan jalan Hitler menguasai dunia. Ia mulai dari Polandia, saat itulah perang Dunia II dimulai. Ia terus melakukan serangan hingga Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia, dan Perancis bisa dikuasai hanya dalam waktu satu minggu.
Tahun-tahun awal perang dunia II adalah tahun kemenangan Hitler. Ia terus memenangkan perang. Para pemimpin negara Eropa pun tidak melakukan apapun, mereka mendiamkan ulah Hitler. Mereka tidak berdaya menghadapi sang Fuehrer.
•    Keruntuhan the third reich
Setelah Hitler berhasil menduduki Prancis, dia mulai aksinya untuk menaklukkan inggris. Namun, saat itu Inggris mempunyai pemimpin baru yang akhirnya nanti akan menjadi tokoh legenda yang dikenang, Winston Churchil. Dengan heroik ia dan rakyat Inggris mampu mengalahkan pasukan Jerman yang jumlahnya lebih banyak daripada Inggris.
Setelah kekalahan terhadap Inggris, ia berusaha menaklukkan Rusia. Ia berkeinginan untuk menaklukan Stalin. Walaupun tentara Jerman sedang dalam kesulitan karena harus membantu Italia, Hitler yakin bisa menaklukkan rusia sebelum musim dingin. kenyataannya saat musim dingin tibapun mereka belum berhasil. Tanpa perlengkapan musim dingin, tentara Jerman kalah.
Ini disebabkan sikap Hitler yang tidak mau menerima pendapat orang lain. Jenderal-jenderalnya sudah mengajukan usul agar mundur sejenak dan mengatur ulang strategi. Namun, sifat keras kepalanya yang ia idap sejak kecil itu membuat saran jenderal-jenderal yang sekolahnya lebih tinggi darinya, ditolak.
Sejak saat itu, kekalahan demi kekalahan ia alami. Payung keberuntungan telah jauh dari Jerman. Dan sang pemimpin tetap saja kukuh untuk berperang. Ia yakin bahwa setelah ini aka nada angina keberuntungan yang berpihak kepadanya. Namun, keyakinannya ternyata tidak terjadi. Jerman kalah dan terkepung.
Bahkan, ada komplotan yang berusaha membunuhnya. Hitler frustasi dan murka. Ia mengolok-olok orang yang berusaha membunuh Hitler dengan menaruh bom di ruangan Hitler. Namun, usaha itu gagal. Uasaha itu didalangi oleh jenderal Hitler sendiri, Staufenberg. Motif dibalik tekad kuat staufenberg untuk menyusun kudeta terhadap Hitler dan rezimnya, sekaligus merencanakan pembunuhan atas dirinya sendiri adalah bukan ambisi pribadi, tapi sebuah rasa tanggung jawab khusus bagi kesejahteraan bangsa secara keseluruhan (kramars 2005:4).

•    Saat-saat terakhir Hitler
Hitler adalah seorang seniman yang gagal. Walau begitu, ia tetap senang menggambar. Ia masih senang menggambar tokoh-tokoh Disney. Dan sebagai anak yang mendapat kasih saying hanya dari ibunya (Hitler tidak mempunyai sahabat, sahabat satu-satunya adalah kubizek), Hitler mendambakan seorang istri seperti ibunya yang loyal dan patuh. Ia mendapati pribadi yang loyal dan patuh ada dalam diri Eva braun.
Sebagai manusia biasa, Hitler juga jatuh cinta dan menikah. Malangnya, ia menikah sehari sebelum ajal menjemputnya. Eva adalah satu-satunya saksi mata kematian sang Fuehrer, dan sayangnya, dia juga ikut meninggal beberapa saat setelah suaminya memilih bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya.
Hitler memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.Ia memerintahkan Goebbels, abdi setianya, untuk membakar mayatnya. Ini dikarenakan ia tidak ingin mayatnya menjadi bahan tertawaan musuh-musuhnya, ia tidak ingin berakhir seperti diktator Fasis Italia, Benito Mussolini, yang mayatnya dipajang di alun-alun kota dan dijadikan bahan olok-olok semua orang.
Sadisnya, Goebbels, sang pengikut Fuehrer juga melakukan hal sama. Ia dengan tega meracuni ke-enam anaknya yang tidak berdosa. Dan setelah anaknya terkapar menjadi mayat, ia dan istrinya melakukan bunuh diri dengan menenggak racun. Kecintaan dan kesetiaannya terhadap Hitler membuat ia merasa tidak ada hal yang perlu ia lakukan selain mengikuti pemimpinnya itu.
Walau Hitler sangat berpengaruh terhadap generasinya, tapi Hitler tidak begitu berpengaruh terhadap generasi-generasi setelahnya. Oleh karena itu, Michael Heart memasukkannya dalam urutan ke-35 dalam tokoh paling berpengaruh dalam sejarah. Michael berpendapat dalam banyak hal, jelas sekali kemasyhuran Hitler akan tamat. Pertama, dia oleh dunia luas dianggap manusia yang paling jahanam sepanjang sejarah. Jika orang seperti Nero dan Caligula yang salah langkahnya amat tidak berarti jika dibanding Hitler dan Hitler masih saja tetap jadi lambang kekejaman selama 20 abad, tampaknya tak melesetlah jika orang meramalkan bahwa Hitler yang begitu buruk reputasinya tak terlawankan dalam sejarah akan dikenang orang untuk berpuluh-puluh abad lamanya.
Lebih dari itu, tentu saja, Hitler akan dikenang sebagai biang keladi pecahnya Perang Dunia ke-2. Kemajuan persenjataan nuklir seakan merupakan kemustahilan akan terjadi perang yang berskala luas di masa depan. Karena itu, bahkan dua atau tiga ribu tahun lagi dari sekarang, Perang Dunia ke-2 mungkin masih dianggap kejadian besar dalam sejarah.
Lebih jauh lagi, Hitler akan tetap terkenal karena seluruh kisah menyangkut dirinya begitu menyeramkan dan menarik, betapa seorang asing (Hitler dilahirkan di Austria, bukan Jerman), betapa seorang yang tak punya pengalaman politik sama sekali, tak punya uang, tak punya hubungan politik, mampu  dalam masa kurang dari empat belas tahun menjadi pemimpin kekuatan dunia yang menonjol, sungguh-sungguh mengagumkan. Kemampuannya berorator betul-betul luar biasa. Diukur dari kemampuannya menggerakkan massa dalam tindakan penting, bisa dikatakan bahwa Hitler merupakan orator terbesar dalam sejarah. Akhirnya, cara kotor yang mengangkatnya ke puncak kekuasaan, sekali terpegang tak akan cepat terlupakan.
Mungkin tak ada tokoh dalam sejarah yang punya pengaruh begitu besar terhadap generasinya ketimbang Adolf Hitler. Di samping puluhan juta orang yang mati dalam peperangan yang dia biang keladinya, atau mereka yang mati di kamp konsentrasi, masih berjuta juta orang terlunta-lunta tanpa tempat bernaung atau yang hidupnya berantakan akibat perang.
Tetapi, meski pengaruh Hitler terhadap generasinya begitu besar, pengaruhnya di masa depan tidaklah besar. Hitler boleh dibilang gagal total merampungkan sasaran cita-cita yang mana pun, dan akibat-akibat yang tampak pada generasi berikutnya malah kebalikannya dari apa yang ia kehendaki. Misalnya, Hitler bermaksud menyebarkan pengaruh Jerman serta wilayah kekuasaan Jerman. Tetapi, daerah-daerah taklukannya, meski teramat luas, hanyalah bersifat singkat dan sementara. Dan kini bahkan Jerman Barat dan Jerman Timur jika digabung jadi satu masih lebih kecil ketimbang Republik Jerman tatkala Hitler jadi kepala pemerintahan.
Adalah dorongan nafsu Hitler ingin membantai Yahudi. Tetapi lima belas tahun sesudah Hitler berkuasa, sebuah negara Yahudi merdeka berdiri untuk pertama kalinya setelah 2000 tahun. Hitler membenci baik Komunisme maupun Uni Soviet. Tetapi, sesudah matinya dan sebagian disebabkan oleh perang yang dimulainya, Rusia malahan memperluas daerah kekuasaannya di wilayah yang luas di Eropa Timur dan pengaruh Komunisme di dunia malahan semakin berkembang. Hitler menggencet demokrasi malahan bermaksud menghancurkannya, bukan saja di negeri lain melainkan di Jerman sendiri. Namun, Jerman sekarang menjadi negeri yang menjalankan demokrasi dan penduduknya kelihatan lebih membenci kediktatoran dari generasi yang mana pun sebelum masa Hitler.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari kisah hidup Hitler diatas, kita dapat menyimpulkan beberapa hal. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dalam makalah ini adalah :
•    Hitler mempunyai masa kecil yang tidak bahagia
•    Masa kecil Hitler sangat mempengaruhinya saat ia menjadi pemimpin di Jerman
•    Kebijakan-kebijakan yang diambil Hitler selama ia menjadi pemimpin di Jerman dipengaruhi oleh masa kecilnya. Seperti penumpasan ras yahudi, keberaniannya dalam berperang dan kepandaiannya dalam mempengaruhi orang lain.
3.2 Saran
Penulis  menyarankan kepada kita semua untuk intropeksi diri. Walau Hitler adalah orang yang dicaci dan dikutuk banyak orang. Tapi banyak hal yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam kisah hidup sang Fuehrer. Karena, tidak mungkin Hitler bisa menjadi pemimpin negara tanpa adanya keistimewaan dalam dirinya.
Sebagai ayah, kita tidak boleh terlalu keras terhadap anak kita. Karena akan membuat sang anak menjadi ikut keras dan gampang menyimpan dendam. Sebagai ibu, kita harus menyayangi anak kita seperti ibu Hitler.Dan sebagai pemimpin, kita harus mampu mengambil kebijakan yang baik untuk semua orang, tidak boleh seenaknya sendiri memasukkan dendam pribadi dalam kebijakan-kebijakan yang akan diambil. Dan sebagai manusia, kita harus memaksimalkan bakat kita dan mempergunakan bakat kita dalam hal kebaikan.
Daftar Pustaka
HEart, Michael. 1985. Seratus Tokoh Paling Berpengaruh dalam Sejarah, cet-7,      ter.H Mahbub Djunaidi. Jakarta: Pustaka Jaya
Hitler, Adolf. 2005. Mein Kamf. Yogyakarta: Narasi
Kramarz, Joachim. 2005. Stauffenberg, Lelaki yang NyarisMembunuh Hitler.  Yogyakarta: Center for Information Analysis
Ojong, P.K. 2003.PerangEropa, Jilid I. Jakarta: PenerbitBukuKompas
Pambudi, Agustinus. 2006. The Death of Adolf Hitler. Yogyakarta: Narasi
http://sejarah-Hitler.blogspot.com/2008/02/masa-kecil-Hitler.html)
http://id.wikipedia.org/wiki/Adolf_Hitler
http://media.isnet.org/iptek/100/Hitler.html
http://www.forumkami.net/cafe/171031-dendam-masa-kecil-Hitler.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s