Arti Istilah Timur Tengah

Standar

Kita sering mendengar istilah timur tengah. Timur tengah adalah istilah yang kita gunakan untuk menyebut daerah-daerah arab. Namun, kita juga sering menyebut iran, turki, dan Israel. Padahal, Negara-negara tersebut bukanlah termasuk dunia arab. Beberapa ahli telah mendefinisikan istilah timur tengah.
Dalam bukunya the middle east in World Affairs yang dialihbahasakan oleh Asgar Bixby timur tengah Di tengah kancah dunia menyatakan bahwa belum ada kesepakatan tentang definisi timur tengah dan bahkan istilah tersebut belum diterima secara universal.
Menurut Kirdi Dipoyudo, istilah timur tengah merupakan terjemahan dari Middle East, yaitu istilah yang sejak perang dunia II digunakan oleh orang inggris dan amerika serikat untuk menyebutkan kawasan yang sebagian besar terletak di Asia barat daya dan afrika timur laut sehingga dapat dibatasi sebagai jembatan antara Eropa, Asia, dan Afrika. Dalam perang Dunia II, istilah timur tengahmenjadi lazim dan menggantikan istilah-istilah yang lebih tua seperti near east dan levant.
Beberapa pakar telah mengkritik istilah timur tengah karena ke-Erosentrismenya. Wilayah timur tengah terletak di Timur erpa barat. Bagi India, timur tengah terletak di barat, sedangkan bagi Rusia terletak di selatan. Penggunaan kata “tengah” juga telah menyebabkan kebingungan bagi sebagian orang. Sebelum perang dunia I, “Timur Dekat” digunakan inggris untuk menunjuk daerah Balkan dan kerajaan Ottoman, sedangkan “Timur Tengah” menunjuk Persia, Afganistan, Asia tengah, Turki dan Kaukasus. Sedangkan “Timur Jauh” menunjuk ke Negara-negara Asia Timur, seperti Tiongkok, Jepang, Hongkong, dan lain-lain.
Erosentrisme juga berhubungan dengan fakta bahwa “Timur” dan “Barat” didefinisikan dalam hubungannya dengan garis lintang relative terhadap Meridian Greenwich. Hal ini karena standar kartografi Britania yang diterima luas pada 1884 dalam Konferensi Meridian InterNasional. Timur tengah merupakan wilayah strateis, pertemuan antara Eropa,Asia dan Afrika sehingga menguasai jalur-jalur strategis yang menuju ketiga benua tersebut.
Dengan hilangnya kerajaan Ottoman pada 1918, istilah “Timur dekat” hamper hilang dalam penggunaan istilah umum. Sedangkan “timur tengah merujuk ke Negara-negara islam.  Media dan beberapa organisasi Internasional seperti PBB secara umum menganggap wilayah Timur Tengah adalah wilayah Asia Barat Daya, termasuk siprus dan Iran serta ditambah Mesir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s