DINASTI CHOU (CINA KUNO)

Standar

  1. Dinasti Chou

Dinsti ini mempunyaimasa pemerintahan yang cukup lama sampai dibagi menjadi dua bagian, yaitu chou barat dan chou timur.

i)        Chou barat

(1)   Asal usul orang chou

Mereka mula-mula tinggal di lembah sungai wei saat diperintah oleh pangeran K;an Fu. Kemudian mereka bermigrasi ke lembah sungai chou yuan. Disini mereka bercampur dengan orang-orang “yin”. Mereka mengalami perkembangan yang baik saat dipimpin oleh weng hang, saking kuatnya merka sering disebut dengan penguasa daerah barat. Dialah yang berusaha memperluas kekuasaan orang-orang chou. Orang-oarng chou baru berhasil merebut kekuasaan dinasti shang pada 1222/1223 SM ketika chou dibawah pimpinan Wu Wang (anak dari Wen Wang), dan selanjjutnya mendirikan Dinasti Chou.

(2)   Masa pemerintahan Wu wang

Masa pemerintahn Wu Wang adalah pergantian ibukota ke daerah chang An. Ia memerintah dengan adil dan bijaksana. Untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran kerajaan, Wu Wang membuat kebijakan dalam bidang pemerintahan, yaitu antara lain:

  • Raja adalah penguasa tertinggi
  • Pendamping raja adalah perdana menteri (penasehat kerajaan) dan dibantu oleh 5 orang menteri, yaitu menteri pertahanan, menteri upacara, menteri pertanian, menteri kehakiman da menteri pekerjaan umum.

(3)   Kerajaan dibagi dalam beberapa province

 

Pemerintahannya sampai tahun 1116 SM. Dan digantikan oleh putranya yang masih kecil, cheng wang. Kaarena msih kecil, ia didampigi oleh wali yang bernama chou kung. Pada masa pemerintahan chou kung ini berkali-kali cina mendapat serangan dari bangsa barbar.

Abad VIII dan IX SM kekuasaan chou barat makin melemah, terpecah-pecah menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Raja terakhir adalah Yu wang yang lemah dan kejam. Setelah itu, muncullah rajaP’ing, yang kemudian memindahkan pusat pemerintahannya ke timur, maka mulailah masa chou timur.

ii)      Chou timur

P;ing memerintah dan memindahkan ibukota ke chang an ke lloi (luo yang). Perpindahan ibukota ini dimaksudkan untuk menghindari serangan dari bangsa barbar. Setelah chou barat runtuh, chou timur tidak mengalami kebesaran, bahkan kemunduran. Pada masa ini, kekuasaan daerah semakin besar, walaupun kekuasaan pusat msih diakui. Dengan demikian,masa kekuasaan chou timurini terjadi perubahan-perubahan dalam kehiduoan masyarakat, yakni :

(1)   Meningkatnya kedudukan para pedagang

(2)   Naiknya kedudukan para penguasa daerah, sedang di lainpihak merosotnaya kekuasan pusat

Masa tersebut terjadi perebutan antar Negara vassal (daerah ottonom) dengan pemerintah pusat. Perubahan social di cina terus berlangsung.mulai system feudal dan ide-ide baru dalam filsafat. Negara vassal saling memperkuat diri.

iii)    Perubahan masa kung sun ayng

Pada sat chou timur, terdapat Negara vassal yang kuat, yakni ch’in dengan tokohnya yang terkenal, Kung Su Yang(perdana menteri ch’in). ia banyak mengadakan pembaharuan dalam pemerintahan. Ia mengusulkan kepada pangeranHsio agar melakukan perubahn-perubahan seperti:

(1)   System peminjaman tanah dihapus, tanah tersebut kemudian dikerjakan oleh para tani setengah budak

(2)   System feudal dihapus,rakyat diberi hak milik tanah dan diijinkan membuka tanah baru untuk pertanian

(3)   Ch’in dibagi menjadi distrik-distrik, dan kepala distrik ditunjuk oleh raja  (hsio)

(4)   Orang-orang yang telah berkekuara dianjurkan untuk membentuk keluarga sendiri, dan tiap-tiap rumah tangga dianjurkan untuk membayar pajak

Ketentuan-ketentuan tersebut mulanya ditentang oeh bangsawan, namun pengran Hsio berhasil mewujudkannya. Kerajaan ch/in menjadi kuat dalam bidang kemiliteran, karena menggunakan tentara berkuda sehingga lebih cepat dan licah. Hal ini dikenal dari orang0orang yang tiap kali msuk wilayah ch’in.

Pada masa ini pennguasa daerah sudah berani menggunakan gelar “wong” raja kecil sehingga kekuasaan mereka semakin besar dan kekuasaan pusat semakin melemah.sesudah nan wang (penguasa dinasti chou meninggal) dinsti ini masih tetap bertahan dan baru pada 249 SM dinasti chou dikuasai oleh Ch’in. sebelum itu, ch’in berusaha menaklukkan lawan-lawannya erlebih dahulu. Lawan kuat yang terakhir adalah kerajaan ch’I yang dapat ditakluakkan dibawah kekuasaaan cheng pada 221 SM, selanjutnya ch’in berhasil menguasai seluruh cina.

iv)    Keadaan masyarakat pada masa Chou timur

Adanya penemuan besi, membuat perubahan besar-besaran dalam teknologi pembuatan alat-alat besi khususnya dalam biang pertanian. Sehingga pertanian meningkat dan perdagangan meluas. Hal ini mengakibatnya munculnya golo gan baru dalam masyarakat. Yakni golongan menengah (pedagang). Denngan ini mundurlah feodalisme, mereka tidak  mau terikat lagi oleh adat lama, kedudukan bangswan melemah.ini disebabkan pula dengan sistrm warisan yang diperuntukkan hanya untuk kaum pria, wanita tidak. Ini mengakibatkan anak bangsawan menjadi orang biasa.

Selain hal tersebut, dimasa chou timur inilah banyak munculnya filosof-filosof .

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s